Minggu, 24 Maret 2013

Sejarah Bawang Merah


Tanaman bawang merah diduga berasal dari Asia. Sebagian literatur menyebutkan bahwa tanaman ini berasal dari Asia Tengah, terutama daerah Palestina dan India, tetapi sebagian lagi memperkirakan bahwa asal muasal tanaman bawang merah berasal dari Asia tenggara dan Mediterania. Nara sumber lainnya menduga asal usul bawang merah berasal dari Negara Iran dan Pegunungan sebelah utara Pakistan.

Dari berbagai penelusuran dalam literatur dan nara sumber, terdapat kesamaan cara pandang bahwa bawang merah merupakan tanaman yang tertua dari silsilah budidaya tanaman oleh manusia. hal ini ditunjukkan pada zaman I dan II Dynasti (3.200-2.700) Sebelum Masehi , dimana bangsa Mesir melukiskan bawang merah pada patung dan tugu-tugu mereka.Sedangkan di Israel, tanaman bawang merah dikenal pada tahun 1500 SM.

Peninggalan Yunani Kuno memperjelas, betapa tuanya umur pembudidayaan bawang merah, yakni diduga 4000 tahun yang lalu. Di kawasan eropa barat, eropa timur dan Spanyol, diduga tanaman ini dibudidayakan 1000 thn yang lalu, kemudia menyebar ke Amerika terutama Amerika Serikat. Dalam penyebarluasan selanjutnya, bawang merah ini berkembang sampai ke Timur jauh dan Asia Selatan.

Di Jepang, budidaya bawang merah terutama dikenal pada akhir abad yang sama saat bawang merah dikenal di Eropa barat. Pada tahun 1975, Jepang memproduksi bawang merah sebanyak 1 juta ton dari 30 ribu hektar, sehingga menjadi produsen nmor dua di dunia untuk bawang merah.
Sedangkan negara-negara lain yang tercatat sebagai produsen bawang merah antara lain Jepang, Amerika Serikat, Rumania, Italia dan Meksiko.
Semoga artikel ini bisa memberikan anda informasi dan pengetahuan mengenai sejarah dan asal muasal tanaman bawang merah, yang menemani kita di sekeliling kita..
Jika anda merasa informasi ini berguna, silahkan disharing kepada rekan-rekan yang lain.

@yuyut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar